...
Bagaimana Memilih Tools Social Media Bisnis Yang Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda
publish on : 09 Sep 2019
Topic : Facebook

Pertumbuhan pasar media sosial telah melebar dan membuat berbagai aplikasi harus pintar dalam meningkatkan produktivitas pebisnis dalam memasarkan produknya secara online. Banyak fitur atau tools yang berkembang dan begitu banyak pililhan membuat para pebisnis harus jeli memilih mana yang tepat untuk mereka. Anda pun juga pasti mengalami hal seperti ini bukan?

Lalu bagaimana Anda memilih tools untuk media sosial bisnis yang terbaik dan cocok memenuhi kebutuhan Anda?

Disini akan dibahas beberapa faktor utama yang perlu diingat.

1. Tujuan dan Goals Media Sosial Bisnis Anda

Apa alasan Anda menggunakan media sosial? Tentu saja banyak yang menjawab untuk menjangkau audiens dan share informasi yang berguna untuk mereka kapanpun. Tapi sebagai pebisnis Anda harus berpikir secara kritis dan mempertimbangkan hasil apa yang sebenarnya ingin dicapai lewat media sosial.

Tentukan sasaran yang Anda tetapkan yang akan berdampak terhadap tools yang ingin Anda gunakan. Berikut ada beberapa tujuan umum yang dimiliki para pebisnis untuk media sosialnya:

Tingkatkan Brand Awareness
Tingkatkan Penjualan
Tingkatkan Interaksi Pengguna
Tingkatkan Traffic Website
Dan alasan lainnya.

Setelah Anda sudah menentukan, Anda perlu memecah kembali pembahasannya. Misalkan bagaimana Anda mengukur brand awareness tersebut? Apakah dari jumlah tayang video yang di publish? Jumlah likes postingan? atau hal lain?

Anda harus seSPESIFIK mungkin untuk menetapkan tujuan tersebut, target ini akan mempengaruhi kebutuhan Anda dalam memilih tools.

Apa tools yang Anda harapkan untuk media sosial Anda? Apakah di bawah ini salah satu yang Anda inginkan?

– Mendapatkan data yang relevan tentang kinerja media sosial
– Meningkatkan media sosial bisnis
– Menghindari pembaruan media sosial secara manual

Atau hal lain yang memang Anda butuhkan akan memudahkan Anda dalam menyaring tools yang tidak tepat.

2. Jadwal dan Interaksi Post Media Sosial

Tidak akan ditampilkan siapa orang yang mengatur akun sosial media bisnisnya, jadi tidak akan mungkin Anda hanya memantau media sosial sepanjang waktu. Berbeda dengan tools, Anda dapat menggunakan waktu untuk menjadwalkan pembaruan postingan di media sosial Anda dan memilih waktu tayang yang diinginkan.

Salah satu tolls yang dapat membantu Anda menghemat waktu dan tenaga adalah dari Buffer. Dengan tampilan yang simple memudahkan Anda untuk jadwalkan postingan di beberapa platform terpilih.

3. User Experience

Sebelum menggunakan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda, pastikan untuk mengecek apakah tools tersebut dapat digunakan atau tidak.

Tools yang memiliki user experience yang baik dapat memastikan jika Anda dapat melakukan tugas-tugas penting dengan baik dan dalam waktu singkat dapat dilakukan.

Berikut ini merupakan hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk memudahkan tugas Anda:

– Pembaruan post atau isi content
– Pembaruan jadwal postingan
– Memberikan laporan atau insight
– Mudah dihubungi bagian customer service

Untuk mengetahui apakah tools yang ingin Anda pilih sudah berpengalaman, baca ulasan online untuk mengetahui apa yang dikatakan oleh pengguna lain tentang tools tersebut.

Sekali lagi, Buffer memiliki interface yang cukup mudah, simple dan bisa jadi pilihan Anda.

4. Social Media Supported

Perihal bisnis, Anda perlu fokus terhadap jejaring media sosial dimana para pengguna aktif disana.

Beberapa tools mungkin hanya mendukung satu atau dua media sosial yang Anda butuhkan sehingga hanya membuat Anda kesulitan untuk menggunakan tiga tools yang berbeda untuk melakukan tugas utama Anda. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya cari satu tools yang mendukung semua media sosial dan kebutuhan Anda.

Tapi bagiamana jika yang didapatkan memberikan biaya yang cukup mahal? Coba pikirkan dengan fitur dan tenaga yang Anda dapatkan dengan satu tools tersebut, pastinya lebih hemat dibandingkan menggunakan tools berbeda dan mengeluarkan waktu lebih banyak untuk itu.

Salah satu tools yang dapat menjangkau media sosial yang ada adalah Sprout Social seperti di bawah ini.

Jika Anda berencana untuk menggunakan tools diatas, pertimbangkan apakah media sosialnya adalah yang Anda kelola atau tidak.

5. Pengukuran ROI

Pada akhirnya, perusahaan pasti ingin tahu tujuan investasi yang ada pada tools media sosial yang dipilih dan ROI yang didapatkan.

Berapa banyak manfaat yang didapatkan dari tools pilihan Anda ke perusahaan? Apakah Anda memiliki alasan tentang biaya yang ditanggung berdasarkan manfaat yang ditawarkan oleh tools tersebut?

Secara umum, ada dua cara untuk melihat pengukuran ROI dari tools media sosial:

ROI dari peningkatan produktivitas – Berapa jam kerja manual yang berkurang berkat tools tersebut? Anda dapat membandingkannya dengan menghitung nilai waktu yang disimpan selama sebulan saat manual dengan biaya bulanan dari tools tersebut.

ROI dari aktivitas media sosial Anda – Anda membutuhkan tools yang memudahkan Anda menemukan kontribusi keseluruhan dari media sosial untuk perushaaan Anda. Tools seperti Hootsuite Impact, misalnya, dapat membantu Anda menemukan insight yang cukup akurat.

6. Pemantauan Media Sosial

Mungkin sudah ada pengguna yang mengetahui brand Anda secara online, tetapi bagaimana mempertahankan pengguna yang sering melakukannya? Tentu saja tingkatkan brand awareness Anda adalah jawabannya.

Ada berbagai tools manajemen media sosial yang memungkinkan Anda melihat pengguna yang melakukan mention terhadap brand Anda. Dengan fitur tersebut, Anda dapat dengan cepat memberikan respon terhadap pertanyaan ataupun keluhan pengguna.

Selain melacak mention pengguna terhadap brand Anda, Anda juga dapat mengecek terhadap kompetitor Anda atau industri lainnya.

Jika Anda mencari salah satu tools ini, Anda dapat menemukannya di BuzzSumo, lewat tools ini Anda dapat melihat berapa kali mention tersebut.

7. Analisis dan Report

Apakah saat ini Anda memahami kinerja media sosial bisnis Anda?

Tanpa tools analisis yang efektif, Anda tidak akan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dan memaksimalkan peluang selanjutnya. Pertimbangan utama lainnya adalah memilih tools yang tepat terhadap kapasitas analisa dan report yang ditawarkan untuk membantu optimalkan proses pengembangan bisnis Anda.

Sebelum memilih tools, pastikan tools terpilih menyediakan semua informasi yang dibutuhkan tentang kampanye media sosial Anda.

Selain itu, apakah tools tersebut memiliki kapasitas untuk memberikan report sederhana tentang kinerja media sosial Anda dalam periode waktu tertentu? Tentu saja hal ini berguna jika Anda perlu mempresentasikan hasil ke perusahaan Anda.

Kesimpulannya, sebelum memilih tools untuk mengatur media sosial bisnis Anda, pertimbangkan faktor penting diatas karena selain dari jumlah yang Anda habiskan untuk menggunakannya, Anda perlu pertimbangkan potensi peningkatan produktivitasnya.

Memilih tools yang tepat membantu Anda terhubung lebih baik dengan audiens dan mengkonversi lebih banyak ke prospek Anda. Ingat, tools apapaun yang Anda pilih, Anda perlu mencobanya terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran jangka panjang.

0 KOMENTAR
Sign up atau Login untuk berkomentar, suka & bagikan.