...
Cara Menggunakan Instagram Insight Post dan Story Untuk Pemula
publish on : 26 Sep 2019
Topic : Instagram

Instagram Insight merupakan fitur yang ditawarkan oleh Instagram untuk mendukung kepentingan bisnis. Saat ini, sudah banyak pengguna Instagram yang mengubah profilnya dari akun pibadi atau personal account menjadi business account.

Tentunya dengan mengubah akun Instagram menjadi business, Anda dapat memonitor strategi pemasaran dengan mudah. Berdasarkan jenis postingan feed maupun story, Anda bisa menjangkau orang-orang demi melakukan promosi bisnis.

Lalu bagaimana dengan menggunakan Instagram Insight dapat membantu untuk menjalankan bisnis? Cara menggunakannya bagaimana?

  1. Membantu Anda menemukan strategi pemasaran bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis di Instagram, tujuan utama Anda adalah untuk memasarkan produk dan membangun brand awareness. Agar tujuan Anda tercapai, tentunya Anda harus mendapatkan laporan, sejauh apa strategi pemasaran yang Anda lakukan berhasil menarik khalayak atau tidak.

Pada dasarnya sama dengan menjalankan bisnis secara offline, Anda membutuhkan laporan penjualan untuk menganalisis pencapaian penjualan dan menentukan strategi yang akan dilakukan berikutnya.

Di Instagram, Anda dapat mengetahui hal ini dengan melihat bagian Instagram Insight. Instagram Insight akan memberikan laporan berupa grafik dan informasi tentang performa strategi marketing yang Anda sudah jalankan. Apakah ada pengikut baru yang sekiranya memiliki prospek yang baik?

Hal-hal inilah yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan Instagram Insight. Pada beberapa tab insight di profil Instagram Anda, terdapat beberapa bagian yang menunjukkan Activity, Content, dan Audience.

  1. Activity memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana interaksi yang dilakukan oleh followers, kunjungan profil dan klik situs web dan juga grafik tentang jumlah orang yang melihat postingan Anda beserta impresi yang dilakukan.
  2. Content membuat Anda mudah menemukan jumlah postingan yang sudah Anda unggah dalam beberapa hari ke belakang, entah itu feed atau story, dan postingan yang dipromosikan.
  3. Audience, dipaparkan lebih jauh tentang jumlah follower, kota dan negara asal mereka, usia, gender, dan berapa lama waktu yang rata-rata mereka gunakan untuk dihabiskan di Instagram. Ada juga informasi yang menunjukkan kapan hari terbaik untuk posting karena menjadi saat paling ramai followers mengunjungi Instagram.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Instagram Insight?

1.Mengubah pengaturan akun menjadi business account

Sebelum mulai menggunakan Instagram Insight, terlebih dulu kamu harus mengubah akunmu dari personal ke business. Ini cara mudahnya:

  1. Login pada Instagram dan buka profil Anda. Pada bagian pengaturan (tiga garis horizontal di pojok kanan atas profil IG) cari pilihan Setting atau Pengaturan di bagian paling bawah.

2. Selanjutnya, cari pilihan Account atau Akun kemudian pilih Switch to Business Account (Ubah Menjadi Akun Bisnis). Ikuti     beberapa langkah yang diminta Instagram untuk melengkapinya. Anda juga bisa memilih untuk menghubungkan akun Instagram dengan Facebook.

2. Mulai mengakses fitur Insight pada Instagram

Feed Instagram :

  1. Klik pilihan Insight, maka akan muncuk beberapa pilihan menu yaitu ActivityContentInteraction dan Discovery.
  2. Pada bagian Interaction Anda akan melihat grafik dan angka yang menunjukkan beberapa jumlah orang yang melakukan profile visit pada akun Instagram Anda. Pada bagian ini pula dapat menghitung berapa aksi yang dilakukan orang ketika melihat konten yang Anda unggah.
  3. Untuk bagian Discovery akan menunjukkan berapa orang yang telah melihat konten yang Anda unggah dan dari mana mereka menemukan konten Anda. Dan bagian Reach Anda bisa melihat ada berapa akun yang berhasil dijangkau oleh akun Instagram Anda. Pada bagian Impressions, menampilkan jumlah tayangan yang didapat oleh konten Anda.
  4. Tab Activity akan menampilkan jumlah postingan yang Anda unggah dalam kurun waktu tertentu. Pada bagian Posts, coba untuk klik bagian See All untuk melihat semua konten yang sudah di publish.

Instagram Story:

  1. Di bagian bawah Content, Anda juga akan menemukan bagian ini berisi data konten yang Anda unggah menggunakan fitur Instagram Story. Di bagian Reach Anda bisa tahu berapa jumlah akun yang melihat story Anda. Pada Impressions, didapat jumlah angka yang menunjukkan berapa kali story Anda dilihat. Lalu ada juga Exits yang menunjukkan akun yang melewati story atau skip. Pada Replies, Anda akan tahu jumlah balasan yang ditinggalkan.
  2. Pada bagian paling bawah tab Content, ada Promotions yang menunjukkan kegiatan promosi Anda melalui Instagram. Yang terakhir, ada tab Audience yang memberimu info seputar followers. Di sini, Anda bisa tahu jenis kelamin, lokasi, usia, jam, dan hari mereka aktif di Instagram.

3. Memaksimalkan Instagram Insight untuk keperluan bisnis

Setelah tahu bagaimana cara menggunakan Instagram Insight, mungkin sebagian dari Anda masih bingung, apa pentingnya menggunakan fitur ini. Mari simak penjelasan berikut:

Memahami kebutuhan pengikut dengan Instagram Insight

Berdasarkan engagement yang didapat dari konten Instagram penyesuaian lebih mudah dilakukan. Kondisi ini memudahkan Anda untuk menciptakan konten-konten sejenis.

Kenal dengan baik siapa pelanggan Anda

Mengetahui detail tiap pengikutmu di Instagram, dapat memberikan gambaran konten seperti apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Misalnya saja Anda bergerak di bidang online shop pakaian. Dari data Insight, Anda bisa mengetahui jika pengikutnya kebanyakan adalah perempuan usia 19 sampai 30 tahun yang tinggal di Jakarta.

Artinya, produk pakaian harus sesuai dengan kriteria followers. Ini penting untuk diperhatikan penjualan bisa ditingkatkan.

Tahu strategi yang harus diterapkan

Data-data yang diberikan oleh Instagram Insight memudahkan proses evaluasi. Dengan begitu, Anda bisa memantau kinerja pemasaran melalui media sosial. Jika strategi yang direncanakan berhasil, maka kamu harus mempertahankannya. Namun bila strategi yang dijalankan tidak bekerja dengan baik, maka Anda harus cari cara lain, berbekal informasi yang sudah didapat.

Faktanya, jika ditelusuri banyak juga manfaat yang diberikan oleh Instagram Insight. Mari kita memaksimalkan fitur ini sebaik-baiknya untuk mendukung perkembangan bisnis Anda semakin baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

1 orang menyukai ini
0 KOMENTAR
Sign up atau Login untuk berkomentar, suka & bagikan.