...
Gunakan Hashtag yang Tepat dalam Postinganmu dan Dapatkan Hasil Maksimal
publish on : 17 Sep 2019
Topic : Instagram

Jika menggunakan hashtag yang benar pada postingan Instagram kamu, dapat dipastikan kamu akan melihat banyak yang tertarik dari pada kamu tidak menggunakannya sama sekali.

Kenapa?

Fungsi hashtag adalah untuk pengelompokan konten. Hashtag bisa digunakan untuk ditambahkan pada postingan berupa teks, foto, video, event, dan lain-lain. Dengan menyertakan hashtag pada postingan tersebut, maka nanti semua update-an tentang postingan yang kamu buat akan terorganisir dan terkelompok dengan baik.

Bagi orang-orang yang juga ingin mengikuti update seputar postingan tersebut, mereka cukup ketikan hashtag yang dimaksud. Melakukan pencarian terhadap konten yang diinginkan pun semakin mudah. Jadi setiap orang yang mengklik atau mencari hashtag tersebut akan menampilkan semua postingan yang menggunakan hashtag itu.

Selain untuk pengelompokan konten dan memudahkan pencarian, hashtag juga berfungsi untuk kebutuhan branding dan promosi di media sosial. Dengan cara membuat hashtag yang spesial pada setiap postingan, maka akan menjadikan ciri khas bagi sebuah brand.

Jika kita ingin membuat hashtag tersebut agar sering muncul, itu tergantung dari :

  1. Seberapa sering hashtag tersebut di klik
  2. Seberapa populer postingan kamu
  3. Seberapa banyak audiens yang tertarik dengan postingan kamu

Ketika postingan kamu sering muncul, itu akan sangat baik karena akan lebih banyak orang yang tadinya belum mengikuti, akan melihat postingan kamu tanpa harus  follow terlebih dahulu.

Setiap orang sekarang dapat memfollow hashtag

Itu artinya konten akan di munculkan tanpa harus orang tersebut mengikuti kamu. Dan jika kamu memposting konten yang menarik dan menggunakan hashtag yang sesuai, maka akan banyak yang mulai follow kamu.

Menggunakan hashtag yang tidak sesuai adalah ide buruk

Ketika seseorang mengikuti hashtag tersebut dan melihat postingan yang tidak sesuai dengan yang mereka inginkan, mereka dapat memilih untuk “hide” hashtag tersebut.

Ini merupakan fitur yang dimana Instagram sendiri dapat mengatur apa yang disukai oleh penggunanya. Jika postingan kamu dengan hashtag yang di “hide” maka sudah dipastikan postingan kamu akan jarang muncul.

Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan dalam penggunaan hashtag, jangan lewatkan satu pun ya!

  1. Jangan gunakan hashtag yang tidak sesuai

Memasukkan hashtag yang tidak relevan ke postingan kamu adalah spam. Ini akan mengganggu orang-orang yang mengikuti hashtag tersebut dan mereka kemungkinan akan memilih untuk “Jangan Tampilkan Hashtag ini.”

Hashtag sebisa mungkin harus relevan dengan apa yang kamu posting, sehingga akan menambah ketertarikan kepada audiens kamu.

  1. Gunakan jumlah hashtag yang tepat

Kamu bisa menggunakan hashtag yang banyak namun belum tentu juga hashtag tersebut sesuai dengan postingannya. Ketika menggunakan hashtag yang populer, harus yang benar-benar relevan dengan brand. Jangan sampai karena kamu menggunakan hashtag tersebut dampaknya tidak akan terlihat.

  1. Sebelum menggunakan hashtag apa pun, pastikan untuk menelusuri halaman hashtag terlebih dahulu, untuk memastikan konten terkait sesuai.
  2. Simpan hashtag tersebut

Jika kamu sering menggunakan hashtag yang sama disetiap postingan kamu, kamu bisa bisa simpan hashtag tersebut didalam note. Kegunaannya apa? Agar kamu tidak perlu repot mengetiknya kembali ketika ingin menggunakannya.

  1. Tambahkan hashtag pada foto yang sudah kamu posting

Kamu dapat menambahkan hashtag disetiap foto yang sudha kamu posting, jika kamu ingin menambahkan dalam kolom deskripsi kamu dapat mengklik titik tiga di bagian kanan atas dan pilih ubah / edit dan tambahkan hashtag yang kamu inginkan.

Jika kamu ingin menggunakan hashtag dalam kolom komentar, kamu dapat mengklik kolom komentar dan tulis hashtag yang kamu inginkan.

  1. Pertimbangkan untuk menggunakan hashtag Brand tersebut

Jika kamu menjalankan marketing campaign menggunakan Instagram, menggunakan hashtag sebuah brand akan membantu kamu untuk mendorong keterlibatan dan ketertarikan audiens yang lebih banyak pada postingan kamu.

Itu juga akan mengatur semua postingan yang di tandai dengan hashtag tersebut agar dapat dilihat oleh lebih banyak audiens ketika mengklik hashtag tersebut dengan tujuan untuk promosi dan lainnya.

  1. Buatlah hashtag yang mudah diingat

Gunakan hashtag yang spesifik dan mudah diingat oleh orang yang melihat. Karena jika hashtag tersebut mudah diingat maka akan meningkatkan audiens yang lebih banyak pula.

  1. Coba gunakan hashtag dengan emoji

Selain menggunakan angka dan huruf, emoji dapat dimasukkan dalam hashtag namun spasi dan karakter khusus, seperti % atau $ itu tidak akan bekerja. Ikon animasi ini menarik, karena dapat digunakan untuk seluruh kata dan akan membuat hashtag kamu menjadi singkat.

Keberadaan hashtag di media sosial, memang dinilai dapat memberikan manfaat lebih khususnya untuk pemasaran atau promosi secara online. Walaupun terkadang, hashtag juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan personal branding. Selain itu, jika menggunakan hashtag terpopuler dengan tepat kamu juga bisa tambah followers.

1 KOMENTAR
Sign up atau Login untuk berkomentar, suka & bagikan.