...
Ikuti Cara Berikut untuk Social Engagement yang Lebih Baik
publish on : 20 Sep 2019
Topic : SalesFunnel

Social media engagement adalah hal penting bagi hampir semua brand. Sebagian besar brand juga mengerti betapa pentingnya peran media sosial untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Namun, banyak yang meremehkan nilai engagement. Jika Anda jarang meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan pengikut saat ini dan yang potensial, Anda akan kehilangan kesempatan untuk meningkatkan engagement (keterlibatan) di media sosial Anda.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan social engamgement? Berikut ada beberapa tipe konten yang dapat membantu meningkatkan social engagement tersebut. Berikut informasinya!

  1. Media visual

Orang-orang yang terlibat dengan konten visual lebih baik daripada konten non-visual. Tweet dengan gambar menerima retweet 150% lebih banyak daripada tweet tanpa gambar. Hal yang sama juga berlaku bagi posting Facebook dengan gambar meningkatkan engagement 2,3 kali lebih besar dibandingkan postingan tanpa gambar. Hal ini jelas menunjukkan bahwa konten sosial media yang berisi gambar menerima lebih banyak likes, shares, dan komentar.

Pastikan gambar yang kamu pilih sesuai dengan posting-an dan selalu gunakan gambar berkualitas tinggi, baik menggunakan gambar stok atau gambar Anda sendiri. Anda bisa menggunakan infografis yang informatif, ilustrasi unik, atau sekadar foto untuk meningkatkan social media engagement. Anda harus kreatif untuk membuat konten bergambar yang paling baik untuk mencerminkan nilai-nilai brand Anda dan selaras dengan audiens.

  1. Postingan di blog

Posting blog merupakan jenis konten yang tepat untuk meningkatkan keterlibatan di media sosial. Berbagi posting di blog yang berkualitas dari situs web dengan informasi yang bermanfaat dan menjawab pertanyaan audiens adalah kunci keberhasilan strategi blog engagement.

Pastikan postingan pada blog Anda sepenuhnya dioptimalkan dengan konten yang memberikan nilai, memiliki headline yang menarik, memiliki format yang membuat artikel yang dipublish menyenangkan untuk dibaca. Anda pun dapat memasukkan CTA ke arah sosial media untuk memudahkan pembaca terlibat, berbagi konten, dan memulai percakapan di media sosial.

  1. Konten pelanggan

Konten pelanggan dapat dibuat dalam banyak bentuk, mulai dari testimonial dan ulasan hingga pengalaman pelanggan dan konten user-generated (yang dibuat pengguna). Banyak yang melihat testimoni terlebih dahulu sebelum membeli barang yang diinginkan. Jadi, sebaiknya Anda menampilkan kisah sukses pelanggan dan pengalaman positif yang pelanggan rasakan mengenai bisnis Anda. Konten ini dapat menambah kredibilitas brand Anda di seluruh penjuru media sosial.

Konten pelanggan bermanfaat membangun kredibilitas dan loyalitas pelanggan. Hal ini dapat digunakan untuk menggambarkan pelanggan yang menikmati produk atau layanan Anda. Di sisi lain juga menunjukkan bagaimana calon pelanggan juga dapat menikmati produk dan layanan tersebut. Libatkan dan bagikan konten dan kiriman pengguna dalam komunitas dan beri tag pada kiriman dengan berterima kasih kepada mereka atas ulasan, testimonial, atau konten yang dibuat pengguna.

  1. Mini Activity

Tipe konten ini merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan keterlibatan di media sosial. Mini Activity dapat berupa permainan, ajakan untuk menggunakan produk, dan lain sebagainya. Mini Activity adalah cara yang tepat untuk menyebarkan awareness dan memperluas jangkauan brand Anda, karena dengan Anda melakukan Mini Activity, tanpa sadar audiens akan melihat ataupun mengikuti ajakan yang diberikan pada postingan Anda.

Cobalah beberapa jenis konten di atas untuk meningkatkan social media engagement Anda. Menggunakan berbagai cara untuk menarik audiens adalah hal penting, Anda dapat mengeksplor lebih banyak ide dan coba gunakan ide tersebut untuk menambah audiens yang lebih banyak. Selamat mencoba!

1 orang menyukai ini
0 KOMENTAR
Sign up atau Login untuk berkomentar, suka & bagikan.