...
5 Point Terbaik Dari Facebook Ads (Dari Facebook)
publish on : 09 Sep 2019
Topic : Facebook

Seperti yang kita ketahui, jika sudah bertahun-tahun, platform Facebook sudah lama berdiri dan kini sudah berkembang luas. Terlebih, fitur yang ditawarkan oleh Facebook semakin banyak sehingga banyak opsi yang bisa Anda gunakan dalam penargetan baik meluas hingga spesifik.


Tapi, apakah semakin banyak itu akan memaksimalkan kinerja iklan Facebook Anda? Belum tentu, jika Anda tidak tahu cara menggunakannya atau bahkan kemungkinan buruknya adalah kehilangan lebih banyak elemen lain.

Facebook pun memberikan informasi tentang pengalaman mereka dengan mitra agensi yang dimana mereka memberi pengarahan tentang taktik yang tidak diketahui banyak orang. Penasaran?

Ini dia poin penting yang bisa membantu Anda untuk beriklan di Facebook untuk mengoptimalkan kampanye.

1. Pilih Objective yang mengarah ke Nilai Bisnis Anda

Seperti yang ada saat ini, Facebook menawarkan banyak objective untuk beriklan yang dapat membantu mencapai tujuan bisnis Anda. Tapi, menurut Facebook “Kami tidak lagi hidup di dinua dimana keberhasilan iklan Facebook dicapai hanya dengan menjalankan kampanye “Page Likes”, “Website Clicks”, atau “Engagement”- Tambahan lain, Facebook memberikan juga objective untuk “Awareness”, “Consideration”, dan “Conversions”.

Awareness
Objective ini bertujuan untuk menarik perhatian untuk produk atau jasa Anda.
– Brand Awareness: Menjangkau orang-orang yang menyukai iklan Anda dan meningkatkan awareness brand Anda.
– Reach: Menampilkan iklan Anda ke jumlah maksimum orang yang sesuai audience / penargetan.

Consideration
Objective ini bertujuan untuk membuat orang memikirkan bisnis Anda dan mulai mencari infomasi lebih lanjut.
– Traffic: Tingkatkan angka pengunjung ke website Anda.
– Engagement: Dapatkan lebih banyak interaksi di postingan, suka halaman, respon acara atau klaim penawaran.
– App Installs: Dapatkan lebih banyak orang memasang aplikasi Anda.
– Video Views: Dapatkan lebih banyak orang untuk menonton video Anda.
– Lead Generation: Dapatkan data user seperti alamat email dari orang-orang yang tertarik dengan brand atau bisnis Anda.
– Messages: Dapatkan lebih banyak orang untuk mengirim pesan ke bisnis Anda di Messenger atau WhatsApp.

Conversion
Objective ini bertujuan untuk membuat orang tertarik dengan bisnis Anda dan melakukan pembelian atau menggunakan produk/jasa Anda.
– Conversions: Arahkan orang untuk melakukan valuable actions di situs web, aplikasi atau di Messenger. Untuk tahu hasil dan mengukur konversi, gunakan Facebook pixel.
– Catalog sales: Buat iklan yang secara otomatis menampilkan item dari katalog Anda berdasarkan audiens target Anda.
– Store visits: Kalau store visits itu ketika Anda punya toko offline dan kemudian register saja ke Facebook. Lalu ini fungsinya agar orang datang ke toko Anda sesuai dengan jarak yang diatur.
Tidak perlu repot atau kewalahan dengan semua opsi ini. Cukup pilih tujuan atau objective yang tepat dan selaras dengan strategi Anda adalah nilai sebenarnya dari bisnis Anda.

2. Manfaatkan Optimalisasi Penempatan (Placement)

Banyak yang bertanya tentang penempatan iklan Facebook mana yang terbaik?

Untuk memperjelas, placement iklan Facebook itu adalah tempat dimana iklan Anda layak untuk ditayangkan- Ada di bagian Facebook news feed, Instagram Feed, Stories, Audience Network dan Messenger.

Menurut Facebook, cara terbaik untuk jalankan kampanye adalah mengaktifkan semua placement. Karena hal ini memungkinkan Facebook mengoptimalkan placement mana yang cocok dengan objective Anda sehingga menghemat biaya iklan Anda.

Facebook menyebut ini sebagai “Placement Optimization”. Logikanya adalah semakin banyak placement yang Anda gunakan, semakin banyak data yang harus dipelajari oleh Facebook. Jika semakin banyak yang dipelajari, maka semakin baik kinerja kampanye Anda.

Tetapi meskipun ini adalah salah satu poin penting yang direkomendasikan Facebook, penting untuk pertimbangkan dimana Anda, sebagai pengiklan, ingin iklan Anda ditampilkan.

3. Optimasi Anggaran Kampanye

Proses “Campaign Budget Optimization” adalah cara untuk mengoptimasi kampanye menggunakan anggaran atau budget di seluruh rangkaian iklan.

Biasanya, pengiklan akan menetapkan anggaran pada tahap set iklan, tapi dengan Campaign Budget Optimization, Facebook akan terus menerus dan otomatis menemukan peluang terbaik untuk mencapai tujuan yang Anda tentukan di bagian tahap kedua dan memprioritaskan anggaran untuk ad set agar bekerja dengan baik. Hal ini memberikan sistem bekerja lebih banyak agar dapat menggunakan anggaran Anda lebih efisien.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jika ada kampanye yang perlu mendapatkan target harian tertentu, Anda tidak perlu menggunakan budget optimization tadi.

4. Manfaatkan Kreatifitas Untuk Mobile

Sudah bukan rahasia jika sosial media dengan cepat menjadi aktivitas mobile terkini. Ingat ini saat Anda membuat kampanye iklan Facebook. Karena Anda dapat menanyangkan iklan di Facebook dan Instagram, pastikan jika materi iklan menarik dan tampak eye catching meski di layar kecil. Pertimbangkan visual cerah pada banner dan jika menggunakan video, disarankan di bawah 15 detik. Jadi, pastikan iklan Anda terlihat menarik meskipun lewat smartphone.

5. Pahami Kualitas Penargetan LUAS vs SPESIFIK

Dahulu, tujuan penargetan iklan Facebook adalah se-spesifik mungkin. Tapi, karena meningkatknya persaingan dan evolusi platform iklan Facebook, menjadi super spesifik untuk penargetan dapat membuat hasil menjadi lebih mahal.

Ketika Anda menggunakan penargetan super-spesifik, Anda memberikan info ke sistem bahwa Anda ingin menayangkan iklan dengan jumlah orang tertentu, apapun itu. Sistem Facebook kemudian mengejar target Anda tersebut dan sebagai pengiklan, Anda perlu melawan anggaran untuk jumlah orang yang cukup kecil karena juga menjadi sasaran dari pengiklan lain. Hal ini akan meningkatkan biaya dan Facebook tidak bisa mempelajari, seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya.

Berbeda ketika Anda memiliki penargetan cukup luas, Facebook pun dapat memiliki banyak kontak untuk dipelajari, dan secara otomatis mengoptimalkan tayangan iklan Anda ke audiens dan sesuai dengan objektif pilihan Anda.

Saat ini, sistem Facebook juga mencari penggunaan anggaran terbaik dalam mencari hasil lebih banyak dengan biaya lebih rendah. Facebook pun merekomendasikan test ini untuk Anda sendiri – Jika penargetan spesifik bisa saja dilakukan, tapi pertimbangkan juga untuk penargetan lebih luas untuk mendapatkan biaya lebih murah.
Itu dia merupakan poin-poin penting yang bisa Anda ketahui tentang beriklan di Facebook. Semoga tips ini dapat membantu Anda untuk melakukan penargetan kampanye lebih baik dan penuh pertimbangan.

0 KOMENTAR
Sign up atau Login untuk berkomentar, suka & bagikan.